Rabu, 22 Juni 2016

Deskripsi dan Analisis Usaha Mbak Ir Hijab Collection


Deskripsi dan Analisis Usaha Mbak Ir Hijab Collection

Usaha Hijab (Mbak Ir Hijab collection)
1.      Deskripsi Usaha
Seiring berkembangnya zaman ,berkembang pula pashion yang ada di indonesia termasuk juga hijab, hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi aurat, dulu hijab hanya memiliki disain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cendrung berwarna gelap, maka dari itu usaha kami yang bergerak dalam bidang fashion hijab ingin menciptakan prodak hijab yang mempunyai keindahan,seni dan inovasi sehingga banyak yang berminat untuk menggunakan produk kami dan yang pasti tetap syar’i.
Usaha hijab ini resmi dibuka dan dipublikasikan tepat pada tanggal 1 April 2016, usaha ini tanpa menggunakan modal, yaitu dengan model dropshipping. Reseller dan dropship merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Usaha satu ini kini memang tengah banyak digeluti, seiring dengan kemudahan melakukan promosi dengan internet. Menjadi dropshiper bisa memanfaatkan sosial media ataupun situs jual beli online. Usaha ini juga memiliki waktu yang fleksibel, sehingga cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga maupun karyawan. Pendapatannya pun terhitung lumayan, jika ditekuni tidak menutup kemungkinan bisa menjadi usaha utama.

Macam-macam hijab dan khimar di Mbak Ir Hijab Collection
ü  Hijab Paris Polos
ü  Hijab Motif
ü    Hijab Pasmina Paris
ü   Hijab Paris Slempang Motif
ü    Hijab Denim Segiempat
ü  Hijab Denim Pasmina
ü  Hijab Arabia Segiempat
ü  Hijab Katun Segiempat
ü  Hijab Pasmina Ima
ü  Hijab Pasmina Cotton
ü   Hijab Pasmina katun
ü  Hijab Monocrome Segiempat
ü  Hijab Monocrome kombinasi Segiempat
ü    Khimar Segiempat Polos
ü   Khimar Segiempat motif
ü   Khimar segiempat Polos Bolak-balik
ü  Khimar Pasmina Polos
ü  Khimar Pasmina Motif
ü  Jilbab khusus balita

Harga yang di patok untuk setiap hijab dari Mbak Ir Hijab Collection tergantung pada jenis dan model hijabnya, dimulai dari Rp.10.000 sampai Rp.45.000 dan memberikan penawaran khusus jika membeli lebih 3 jilbab sekaligus dengan model yang sama, maka Mbak Ir Hijab Colletion akan memberikan potongan harga sebesar Rp5.000.
Untuk pemesanan barang dapat melalui face to face, BBM, Facebook, mbakirhijab.blogspot.com (Mbak Ir Hijab Collection). Dan untuk pengiriman, Mbak Ir Hijab Collection tidak memberikan ongkir atau ongkos  kirim didaerah sekitar Bangkalan dan terutama telang Indah daerah Kampus Trunojoyo Madura. Namun untuk pemesanan hijab yang di luar daerah tersebut ongkos kirim ditanggung oleh pemesan.
Strategi pemasaran untuk meluaskan pasar Mbak Ir Hijab Collection adalah:
1.      Melakukan pemasaran dengan jujur, perilaku yag baik, bersikap realistis terhadap produk.
2.       Melakukan survey pasar, seperti selera mahasiswa yang sedang trend model hijab yang berkembang.
3.      Mempromosikan produk hijab melalui online  (Facebook, BBM, dan Website).
4.       Mempromosikan produk hijab melalui ofline (Brosur, Kartu nama, Dari mulut ke mulut dan mengikuti event yang berhubungan dengan hijab)
5.        Menyebarkan imformasi produk pada pada target pasar yaitu mahasiswa.
6.       Menggunakan sistem door to door yang langsung ke konsumen yang berpotensial.
7.      Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti melalui BBM, Website, Email, Sms, dan Telepon)
8.       Mencari calon konsumen diperkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis penjualan hijab.
9.      Memberikan kepuasan kepada konsumen untuk menjaga kesetiaan konsumen.

Untuk mencapai sebuah usaha yang sukses dan dapat bertahan hingga nanti Feti Hijab Collection memiliki motto, visi dan misi yang dipegang teguh usaha yang dijalankan bukan hanya memberikan keuntungan dan kesuksesan bagi pemiliknya namun juga memberkan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnys bagi konsumen.



Mbak Ir Hijab Colletion


   MOTTO 
“ Percaya”


Visi 
Menciptakan produk hijab yang berkualitas inovativ dan menguasai pengsa pasar nasional bahkan internasional dan juga sebagai salah satu media dakwah islami.

Misi
ü  menciptakan ide-ide dan disain yang tebaru
ü  bekerja sama dengan brand hijab ternama di indonesia
ü  menciptakan inovasi dan kreasi



2.        Analisis Usaha
Mbak Ir Hijab merupakan nama usaha yang bergerak dibidang fashion, terutama fashion hijab. kami menyediakan banyak pilihan hijab.
Produk yang dijual memiliki keunggulan yaitu:
1.      Lebih murah dan terjangkau dengan produk yang telah banyak beredar.
2.      Kualitas barang yang tidak kalah saing dengan barang yang sudah ada.
3.      Memiliki berbagai model hijab yang trendi, modern namun tetap syar’i.
4.      Harga yang terjangkau yang khususnya sesuai dengan isi kantong mahasiswi.
Mbak Ir Hijab Collection menjual berbagai macam produk hijab dan bervariasi warna, sehingga memudahkan bagi konsumen untuk memilih sesuai dengan selerannya.
Strategi pemasaran dan promosi yang sudah dilakukan yaitu menawarkan dan mempromosikan produk melalui berbagai cara yaitu secara offline (door to door, mouth to mouth, dll) dan secara online (media BBM, Facebook, Blog).
Target pasar dari penjualan hijab dilakukan ke anak-anak, ibu-ibu, dan remaja-remaja muslim khususnya mahasiswi yang berada pada lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Dan untuk wilayah pemasaran, untuk saat ini masih di daerah Bangkalan Madura dan Lamongan. Namun untuk luar daerah tersebut dapat melakukan pemesanan melalui akun resmi Mbak Ir Hijab Collection.
Dalam mengembangkan produk yang Mbak Ir Hijab Collection miliki, saya menerima berbagai macam pesanan dari konsumen yang sesuai dengan keinginannya, sehingga tidak membuat konsumen tidak terpuaskan.
Untuk membuat konsumen terpuaskan dan memiliki loyalitas terhadap produk yang dijual, Mbak Ir Hijab Collection selalu berusaha memberikan pelayana yang terbaik, tepat waktu, dan selalu menerima saran dan kritik yang diberikan oleh konsumen dan pihak Mbak Ir Hijab Collection akan langsung memperbaikinya dengan cepat, tepat, dan efisien.
Dalam jangka pendek Mbak Ir Hijab Collection akan menjadi usaha hijab yang dapat mempunyai pelanggan yang setia dan diterima semua produknya oleh masyarakat muslim.
Untuk jangka panjang, jika usaha ini sudah memiliki modal yang lebih dan mempunyai pelanggan yang setia, maka akan membuka toko sendiri dan menerima orderan hijab lewat online diseluruh kepulauan jawa dan madura.

Laporan Keuangan
Karena usaha bisnis ini menggunakan model dropshipping, maka tidak diperlukan modal setoran awal.
1.      Pada awalnya ada pembeli yang order 1 buah pasmina katun ima seharga Rp. 45.000. dengan harga pokok penjualan sebesar Rp.32.000. dengan demikian keuntungan yang saya peroleh adalah sebesar Rp. 13.000
Banyaknya barang
Harga pokok
Harga penjualan
Keuntungan
1
Rp. 32.000
Rp. 45.000
Rp. 13.000

2.      Kemudian ada pembeli yang mengorder lagi jilbab model monocrome segi empat motif sebanyak 2 buah seharga Rp. 35.000 per buahnya. Total Rp. 75.000. dengan harga pokok sebesar Rp. 25.000.
Banyaknya barang
Harga Pokok
Harga penjualan
Jumlah harga pokok
Jumlah harga penjualan
Keuntungan
2
Rp. 25.000
Rp. 35.000
Rp. 50.000
Rp. 70.000
Rp. 20.000








3.      Pembeli mengorder jilbab dengan model Hijab Pasmina katun sebanyak 2 buah seharga Rp. 45.000 per buahnya dengan harga pokok sebesar Rp. 30.000
Banyaknya barang
Harga Pokok
Harga Penjualan
Jumlah Harga Pokok
Jumlah Harga Penjualan
Keuntungan
2
Rp. 30.000
Rp. 45.000
Rp. 60.000
Rp. 90.000
Rp. 30.000


1 komentar: