Deskripsi dan Analisis Usaha Mbak Ir
Hijab Collection
Usaha Hijab (Mbak Ir Hijab collection)
1. Deskripsi
Usaha
Seiring
berkembangnya zaman ,berkembang pula pashion yang ada di indonesia termasuk
juga hijab, hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi
aurat, dulu hijab hanya memiliki disain yang monoton dan tidak memiliki seni
keindahan dan cendrung berwarna gelap, maka dari itu usaha kami yang bergerak
dalam bidang fashion hijab ingin menciptakan prodak hijab yang mempunyai
keindahan,seni dan inovasi sehingga banyak yang berminat untuk menggunakan
produk kami dan yang pasti tetap syar’i.
Usaha hijab ini
resmi dibuka dan dipublikasikan tepat pada tanggal 1 April 2016, usaha ini
tanpa menggunakan modal, yaitu dengan model dropshipping. Reseller dan dropship
merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan untuk
mendapatkan pendapatan tambahan. Usaha satu ini kini memang tengah banyak
digeluti, seiring dengan kemudahan melakukan promosi dengan internet. Menjadi
dropshiper bisa memanfaatkan sosial media ataupun situs jual beli online. Usaha
ini juga memiliki waktu yang fleksibel, sehingga cocok dilakukan oleh ibu rumah
tangga maupun karyawan. Pendapatannya pun terhitung lumayan, jika ditekuni
tidak menutup kemungkinan bisa menjadi usaha utama.
Macam-macam hijab dan khimar di Mbak
Ir Hijab Collection
ü Hijab Paris Polos
ü Hijab Motif
ü Hijab Pasmina Paris
ü Hijab
Paris Slempang Motif
ü Hijab Denim Segiempat
ü Hijab Denim Pasmina
ü Hijab Arabia Segiempat
ü Hijab Katun Segiempat
ü Hijab Pasmina Ima
ü Hijab Pasmina Cotton
ü Hijab
Pasmina katun
ü Hijab Monocrome Segiempat
ü Hijab Monocrome kombinasi Segiempat
ü Khimar Segiempat Polos
ü Khimar
Segiempat motif
ü Khimar
segiempat Polos Bolak-balik
ü Khimar Pasmina Polos
ü Khimar Pasmina Motif
ü Jilbab khusus balita
Harga
yang di patok untuk setiap hijab dari Mbak Ir Hijab Collection tergantung pada
jenis dan model hijabnya, dimulai dari Rp.10.000 sampai Rp.45.000 dan
memberikan penawaran khusus jika membeli lebih 3 jilbab sekaligus dengan model
yang sama, maka Mbak Ir Hijab Colletion akan memberikan potongan harga sebesar
Rp5.000.
Untuk
pemesanan barang dapat melalui face to face, BBM, Facebook, mbakirhijab.blogspot.com
(Mbak Ir Hijab Collection). Dan untuk pengiriman, Mbak Ir Hijab Collection
tidak memberikan ongkir atau ongkos
kirim didaerah sekitar Bangkalan dan terutama telang Indah daerah Kampus
Trunojoyo Madura. Namun untuk pemesanan hijab yang di luar daerah tersebut ongkos
kirim ditanggung oleh pemesan.
Strategi
pemasaran untuk meluaskan pasar Mbak Ir Hijab Collection adalah:
1. Melakukan
pemasaran dengan jujur, perilaku yag baik, bersikap realistis terhadap produk.
2. Melakukan
survey pasar, seperti selera mahasiswa yang sedang trend model hijab yang
berkembang.
3. Mempromosikan
produk hijab melalui online (Facebook,
BBM, dan Website).
4. Mempromosikan
produk hijab melalui ofline (Brosur, Kartu nama, Dari mulut ke mulut dan
mengikuti event yang berhubungan dengan hijab)
5. Menyebarkan imformasi produk pada
pada target pasar yaitu mahasiswa.
6. Menggunakan
sistem door to door yang langsung ke konsumen yang berpotensial.
7. Mengembangkan
cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti melalui BBM, Website, Email,
Sms, dan Telepon)
8. Mencari
calon konsumen diperkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis
penjualan hijab.
9. Memberikan
kepuasan kepada konsumen untuk menjaga kesetiaan konsumen.
Untuk mencapai sebuah usaha yang
sukses dan dapat bertahan hingga nanti Feti Hijab Collection memiliki motto,
visi dan misi yang dipegang teguh usaha yang dijalankan bukan hanya memberikan
keuntungan dan kesuksesan bagi pemiliknya namun juga memberkan manfaat bagi
masyarakat sekitar khususnys bagi konsumen.
Mbak Ir Hijab
Colletion
MOTTO
“ Percaya”
Visi
Menciptakan produk hijab yang berkualitas inovativ dan menguasai pengsa pasar nasional bahkan internasional dan juga sebagai salah satu media dakwah islami.
Misi
ü menciptakan
ide-ide dan disain yang tebaru
ü bekerja
sama dengan brand hijab ternama di indonesia
ü menciptakan
inovasi dan kreasi
|
2. Analisis
Usaha
Mbak Ir Hijab merupakan
nama usaha yang bergerak dibidang fashion, terutama fashion hijab. kami
menyediakan banyak pilihan hijab.
Produk yang dijual memiliki keunggulan yaitu:
1.
Lebih murah dan terjangkau dengan produk yang telah
banyak beredar.
2.
Kualitas barang yang tidak kalah saing dengan barang
yang sudah ada.
3.
Memiliki berbagai model hijab yang trendi, modern
namun tetap syar’i.
4.
Harga yang terjangkau yang khususnya sesuai dengan isi
kantong mahasiswi.
Mbak Ir Hijab Collection menjual berbagai macam produk hijab dan bervariasi
warna, sehingga memudahkan bagi konsumen untuk memilih sesuai dengan
selerannya.
Strategi pemasaran dan promosi yang
sudah dilakukan yaitu menawarkan dan mempromosikan produk melalui berbagai cara
yaitu secara offline (door to door, mouth to mouth, dll) dan secara online
(media BBM, Facebook, Blog).
Target pasar dari penjualan hijab
dilakukan ke anak-anak, ibu-ibu, dan remaja-remaja muslim khususnya mahasiswi
yang berada pada lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Dan untuk wilayah
pemasaran, untuk saat ini masih di daerah Bangkalan Madura dan Lamongan. Namun
untuk luar daerah tersebut dapat melakukan pemesanan melalui akun resmi Mbak Ir
Hijab Collection.
Dalam mengembangkan produk yang Mbak
Ir Hijab Collection miliki, saya menerima berbagai macam pesanan dari konsumen
yang sesuai dengan keinginannya, sehingga tidak membuat konsumen tidak
terpuaskan.
Untuk membuat konsumen terpuaskan
dan memiliki loyalitas terhadap produk yang dijual, Mbak Ir Hijab Collection
selalu berusaha memberikan pelayana yang terbaik, tepat waktu, dan selalu
menerima saran dan kritik yang diberikan oleh konsumen dan pihak Mbak Ir Hijab
Collection akan langsung memperbaikinya dengan cepat, tepat, dan efisien.
Dalam jangka pendek Mbak Ir Hijab
Collection akan menjadi usaha hijab yang dapat mempunyai pelanggan yang setia
dan diterima semua produknya oleh masyarakat muslim.
Untuk jangka panjang, jika usaha ini
sudah memiliki modal yang lebih dan mempunyai pelanggan yang setia, maka akan
membuka toko sendiri dan menerima orderan hijab lewat online diseluruh
kepulauan jawa dan madura.
Laporan Keuangan
Karena usaha
bisnis ini menggunakan model dropshipping, maka tidak diperlukan modal setoran
awal.
1.
Pada awalnya ada pembeli yang order 1 buah pasmina
katun ima seharga Rp. 45.000. dengan harga pokok penjualan sebesar Rp.32.000.
dengan demikian keuntungan yang saya peroleh adalah sebesar Rp. 13.000
Banyaknya barang
|
Harga pokok
|
Harga penjualan
|
Keuntungan
|
1
|
Rp. 32.000
|
Rp. 45.000
|
Rp. 13.000
|
2.
Kemudian ada pembeli yang mengorder lagi jilbab model
monocrome segi empat motif sebanyak 2 buah seharga Rp. 35.000 per buahnya.
Total Rp. 75.000. dengan harga pokok sebesar Rp. 25.000.
Banyaknya barang
|
Harga Pokok
|
Harga penjualan
|
Jumlah harga pokok
|
Jumlah harga penjualan
|
Keuntungan
|
|
2
|
Rp. 25.000
|
Rp. 35.000
|
Rp. 50.000
|
Rp. 70.000
|
Rp. 20.000
|
|
3.
Pembeli mengorder jilbab dengan model Hijab Pasmina katun sebanyak 2 buah
seharga Rp. 45.000 per buahnya dengan harga pokok sebesar Rp. 30.000
Banyaknya barang
|
Harga Pokok
|
Harga Penjualan
|
Jumlah Harga Pokok
|
Jumlah Harga Penjualan
|
Keuntungan
|
2
|
Rp. 30.000
|
Rp. 45.000
|
Rp. 60.000
|
Rp. 90.000
|
Rp. 30.000
|
terimakasih atas informasi menariknya Kak, sangat bermanfaat...
BalasHapusSoftware Kasir Android Gratis